Kampung Gedong dan Jejak Peninggalan Belanda

Kampung Gedong merupakan satu di antara wilayah yang ada di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Editor: Yogi Gustaman
TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Suasana sisa bangunan bekas peninggalan Belanda yang hangus terbakar di dalam area Asrama Polantas, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (14/11/2019). Asrama Polantas ini berada di Kampung Gedong. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Kampung Gedong merupakan satu di antara wilayah yang ada di Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Bernama asli Kelurahan Gedong, masyarakat sekitar sudah terbiasa menyebutnya dengan nama Kampung Gedong.

Asal Usul

Penyebutan nama Kampung Gedong sebenarnya diawali oleh adanya bangunan tinggi yang terletak di Jalan TB Simatupang, Jakarta Timur.

Bangunan tersebut bernama Rumah Tanjung Timur atau Gedung Groeneveld dan sering berganti kepemilikan pada masa kolonial Belanda.

Suasana sisa bangunan bekas peninggalan Belanda yang hangus terbakar di dalam area Asrama Polantas, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (14/11/2019)
Suasana sisa bangunan bekas peninggalan Belanda yang hangus terbakar di dalam area Asrama Polantas, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (14/11/2019) (Tribunjakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

Hal ini juga dikemukakan oleh Sejarawan JJ Rizal.

Menurutnya, semula kawasan itu terdapat landhuis atau rumah tuan tanah sisa peninggalan zaman particuliere landerijen, tanah partikelir perkebunan swasta di Tandjong Oost atau Tanjung Timur.

Kemudian, nama ini dimulai sejak masa pemerintahan Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff.

Karena di lokasi tersebut terdapat sebuah bangunan besar peninggalan Belanda, maka masyarakat setempat menyebutnya Gedong.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved